Apa Pengertian Akuntansi?

Akuntansi menjadi salah satu bidang ilmu yang paling dibutuhkan saat ini
Sumber gambar: pixabay.com

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Apa itu Akuntansi? Pengertian akuntansi secara singkat adalah proses mengelompokkan transaksi keuangan, mencatat, lalu melaporkannya. Dalam buku Pengantar Akuntansi Buku 1 Edisi 7 yang ditulis oleh Jerry J. Weygandt, Donald E. Kieso, dan Paul D. Kimmel, dikatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengidentifikasikan, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari sebuah perusahan bagi para pengguna yang berkepentingan. Sedangkan Sony Warsono, Arif Darmawan, dan Arsyadi Ridha, dalam buku mereka, Akuntansi itu Ternyata Logis dan Mudah, mengatakan bahwa akuntansi adalah proses sistematis untuk mengolah transaksi menjadi informasi keuangan yang bermanfat bagi para penggunanya.

Secara sederhana, akuntansi bisa diartikan sebagai proses mencatat transaksi keuangan lalu melaporkannya. Tapi hati-hati memahami proses pencatatan dalam konteks ini karena bisa jadi apa yang kita maksud sebagai pencatatan transaksi keuangan itu hanya sebatas pembukuan (bookkeeping) bukan akuntansi. Keduanya berebeda. Perbedaan akuntansi dan pembukuan ada pada fungsinya. Pembukuan (bookkeeping) adalah pencatatan peristiwa-peristiwa ekonomi saja. Artinya, pembukuan hanya terkait fungsi pencatatan semata. Sedangkan akuntansi memiliki lebih banyak fungsi, dan pembukuan merupakan salah satu di dalamnya. Akuntansi melibatkan keseluruhan pengidentifikasian, pencatatan, dan pengomunikasian peristiwa-peristiwa ekonomi. Bisa dibilang, pembukuan adalah bagian dari akuntansi itu sendiri.

Akuntansi dibagi menjadi dua bidang besar yakni akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menyediakan informasi keuangan dan perekonomian kepada pihak eksternal perusahaan. Pihak eksternal perusahaan antara lain adalah investor dan kreditor.  Sementara akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang menyediakan informasi keuangan dan perekonomian kepada  internal. Pihak intrernal sendiri misalnya manajemen dalam sebuah perusahaan.

Lalu apa manfaat akuntansi bagi kita? Ternyata banyak. Mengetahui tentang akuntansi sangat membantu karena memang ilmu tersebut dibutuhkan hampir di semua bidang. Sebut saja misalnya bidang manajemen yang membutuhkan data akuntansi untuk pengambilan  keputusan. Bidang-bidang keuangan seperti bankir dan investor juga membutuhkan data akuntasi untuk menganalisis laporan keuangan. Bahkan bidang-bidang yang dipikir tidak berkaitan dengan akuntansi juga membutuhknnya. Dokter, pengacara, insinyur, pengusaha, dan banyak pekerjaan lainnya tentunya perlu memahami laporan keuangan di mana mereka bekerja, dan itu bisa berjalan baik jika mereka mempunyai pengetahuan akuntansi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akuntansi adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suat transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Sementara itu, dikutip dari Wikipedia, akuntansi  adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Kedua pengertian tadi sama-sama menyebut seni adalah bagian dari akuntansi. Apakah benar demikian? Memang beberapa ahli memberikan definisi akuntansi sebagai sebuah seni. Tapi di sisi lain, banyak juga ahli yang memberikan definisi akuntansi sebagai sebuah ilmu, atau  bahkan sebagai sebuah teknlogi. Lantas mana yang benar? Semuanya benar, sebab sampai sekarang belum ada definisi otoritatif yang mampu menjelaskan apa akuntansi itu sebenarnya. Sebagai gambaran, di bawah ini ada beberapa pengertian akuntansi  dari beberapa ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Suwardjono

Dalam bukunya, Teori Akuntansi-Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Suwardjono mengatakan bahwa akuntansi sebegai seperangkat pengetahuan yang  mempelajari perekayasaan (teknologi) penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan Negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Paul Grady

Menurut Paul Grady, akuntansi merupakan suatu body of knowledge serta fungsi organisasi yang sistematik, orisinil dan autentik, mencatat, mengklasifikasikan, memproses, mengikhtisarkan, menganalisis, menginterpretasikan seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasi entitas akuntansi yang dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

Pengertian Akuntansi Menurut Weygandt, Donald E. Kieso, dan Paul D. Kimmel

Menurut mereka, akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat dan mengomunikasiakn kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang bekepentingan.

Pengertian Akuntansi Menurut Sony Warsono, Arif Darmawan, dan Arsyadi Ridha

Menurut mereka, akuntansi adalah proses sistematis untuk mengolah transaksi menjadi informasi keuangan yang bermanfat bagi para penggunanya.

Pengertian Akuntansi Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Menurut AICPA, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yan bersifat keuangan dengan cara yang berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang, dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut Accounting Principle Board (APB)

Menurut APB System Statement No. 4, akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, mengenai suatu entitas ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, sebagai dasar dalam memilih di antara beberapa alternatif.

Pengertian Akuntansi Menurut American Accounting Association (AAA)

Pengertian Akuntansi Menurut AAA adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan  pengomunikasian informasi ekonomik untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan dan keputusan berinformasi oleh pengguna informasi.



Referensi:
Ikhsan, Arfan, dan Herkulanus Bambang Suprasto. 2008. Teori Akuntansi dan Riset Multiparadigma. Graha Ilmu. Yogyakarta

Nofianti, Leni. 2012.  Kajian Filosofis Akuntansi: Seni , Ilmu atau Teknologi. Pekbis Jurnal, Vol.4, No.3.

Warsono, Sony, Arif Darmawan, dan  M. Arsyadi Ridha. 2009. Akuntansi itu Ternyata Logs dan Mudah. Asgard Chapter. Yogyakarta.

Weygandt, Jerry J., Donald E. Kieso, dan Paul D. Kimmel. 2005. Accounting Principles. Salemba Empat. Jakarta.

Belum ada Komentar untuk "Apa Pengertian Akuntansi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel