Lulusan Akuntansi Bisa Jadi Apa?

lulusan akuntansi bisa jadi apa
Lulusan Akuntansi Bisa Jadi Apa?
Sumber: Pixabay.com

Setelah lulus mau jadi apa? Saya kira pertanyaan ini hampir dimiliki oleh setiap mahasiswa, termasuk mahasiswa jurusan akuntansi. Kalau anda adalah seorang mahasiswa jurusan akuntansi tapi bingung setelah lulus mau jadi apa, tenang dan belajar saja yang baik, sebab di luar sana ada banyak jenis pekerjaan yang menanti anda. Jurusan akuntansi bisa dibilang menjanjikan karena keahlian bagian keuangan dibutuhkan oleh hampir semua bidang baik pemerintahan maupun bisnis. Makanya tak heran jika jurusan akuntansi menjadi salah satu yang banyak peminatnya.

Saya rasa semua mahasiswa jurusan akuntansi tahu ini. Salah-satu dari sekian banyak alasan mereka memilih jurusan akuntansi adalah lapangan kerja. Tapi yang jadi soal sekarang adalah bukan ada tidaknya pekerjaan, tapi bagaimana cara mendapatkan pekerjaan itu. Nah itu yang saya tidak tahu. Ha-ha-ha. Saya kira tiap individu punya caranya masing-masing.

Kembali ke pertanyaan, setelah lulus mau jadi apa? Lulusan akuntansi bisa jadi apa? Jawabannya banyak. Bisa  jadi guru, bisa jadi dosen, bisa jadi pegawai bank, bisa jadi PNS, dan lain-lain. Tapi sekiranya nanti anda memiliki kemampuan yang memadai di bidang akuntansi, tak ada salahnya mencoba  merintis karir di berbagai bidang profesi yang berkaitan dengan akuntansi. Apa saja?  Di bawah ini saya tuliskan beberapa di antaranya.

Penyusun Laporan Keuangan

Ini termasuk pihak internal perusahaan. Mereka bertanggung jawab terhadap penyusunan laporan keuangan yang telah diterbitkan oleh perusahaan.

Analis Laporan Keuangan

Kalau yang ini posisinya independen. Mereka memberikan konsultasi dan rekomendasi kepada lembaga maupun perorangan. Nah, dasar dari analisisnya adalah laporan keuangan.

Auditor

Nah ini juga independen. Mereka bertanggung jawab untuk menilai informasi keuangan suatu lembaga. Ada beberapa jenis auditor, yakni auditor internal, eksternal, dan pemerintahan.

Praktisi Pajak

Ini adalah profesi yang memberikan konsultasi dan rekomendasi tentang pajak yang harus dibayarkan oleh individu maupun lembaga.

Manajer Keuangan

Ini adalah internal perusahaan yang memiliki peran dalam mengelola keuangan dengan optimal.

Pengembang Sistem Informasi

Setiap perusahaan terkadang mengembangkan sistem informasi mereka sendiri termasuk sistem informasi keuangan. Nah, seseorang yang paham mengenai akuntansi dapat memberikan usulan atau bahkan terlibat langsung dalam pengembangan sistem informasi ini.

***
Nah, itulah beberapa profesi di bidang akuntansi yang bisa coba dirintis oleh para lulusan akuntansi. Kalau ada yang bertanya lulusan akuntansi bisa jadi apa, ya jawab saja dengan beberapa pekerjaan di atas.  Ini juga jadi  semacam template jawaban yang antimainstream.  Daripada menjawab jadi PNS atau pegawai bank, mending jawab dengan beberapa profesi itu, yang saya yakin tak banyak yang tahu. Ha-ha-ha.

Ngomong-ngomong, informasi mengenai beberapa profesi di bidang akuntansi tadi saya dapatkan di buku yang penulisnya adalah Dr. Sony Warsono, MAFIS, Akuntan,  Arif  Darmawan, SE, dan M. Arsyadi Ridha, SE. Buku mereka berjudul Akuntansi itu Ternyata Logis dan Mudah. Bukunya bagus dan seperti judulnya, ternyata Akuntansi itu memang mudah. Kalau ada yang butuh referensi buku akuntansi, saya rasa bisa membaca buku mereka itu.

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

2 Komentar untuk "Lulusan Akuntansi Bisa Jadi Apa? "

  1. Tadinya saya berusaha jawab pertanyaan yang ada di judul: lulusan akuntansi jadi apa? ya... jadi akuntan. Hehehe. Ternyata banyak juga istilah-istilahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbnarnya masih ada lgi selain di tulisan itu. nanti deh sy bikin part II nya. hehehe

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel