Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur: Sebuah Pembuktian Atas Lagu "Jangan Takut Gelap"

Sumber: Pixabay.com

Hai kawan, jangan takut jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan selalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur berselimut mimpi

Jangan lupa esok kita punya janji
Semakin cepat kita tidur
Semakin cepat kita bertemu kembali

Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa doakan mama-papa kita

Jangan takut akan gelap
Karena gelap melindungi diri kita dari kelelahan

Ada yang familier dengan lirik lagu tersebut?  Ya, itu adalah lagu yang dinyanyikan Tasya feat Duta Sheila on 7 berjudul Jangan Takut Gelap. Bagi generasi kelahiran 90-an, saya yakin pasti sangat akrab dengan lagu ini. Pada masa kejayaannya, lagu ini sangat sering berseliweran di tivi-tivi.

Lagu Jangan Takut Gelap, tentu saja membawa pesan untuk tidak takut pada kegelapan saat tidur. Katanya, akan melindungi diri kita dari kelelahan. Tapi benarkah demikian? Entahlah. Saya merasa, tidur dalam keadaan lampu mati atau menyala tidak ada bedanya.

Meski begitu, tidur dalam keadaan lampu menyala ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lampu yang menyala saat tidur dapat menimbulkan gangguan tidur atau gangguan kesehatan seperti kanker. Bahkan dampak terburuknya dapat menyebabkan kematian. Mengerikan bukan?

Kondisi tersebut sebetulnya berkaitan dengan salah satu hormon yang dihasilkan oleh tubuh kita, yakni hormon Melatonin. Saat kita tidur, tubuh kita menghasilkan hormon Melatonin. Hormon ini berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh dari penyakit. Hormon ini berfungsi melindungi DNA dari oksidasi yang dapat menimbulkan kanker. Jadi, hormon Melatonin ini memang sangat penting bagi tubuh manusia.

Uniknya, hormon ini hanya dapat diproduksi oleh tubuh dalam kondisi gelap. Makanya, sangat disarankan untuk mematikan lampu ketika akan tidur.

Selain itu, mematikan lampu saat tidur juga berarti melakukan efisiensi energi. Energi listrik dihasilkan salah duanya oleh minyak bumi dan batu bara. Sementara kita tahu bahwa ketersediaan keduanya juga semakin menipis. Belum lagi hasil pembakarannya juga sangat berkontribusi mempercepat pemanasan global.

Ini berarti, mematikan lampu saat tidur dapat menghemat banyak energi. Selain bisa menghemat listrik, juga menghemat penggunaan minyak bumi dan baru bara. Ini mungkin terdengar tidak signifikan. Tapi bayangkan jika semua orang melakukan hal yang sama. Tentu saja dampaknya akan lebih luas.

Jadi, jangan lupa matikan lampu kamarmu saat tidur. Kapan lagi kan kita bisa berkontribusi terhadap keberlangsungan hidup umat manusia? Apalagi sambil tidur.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur: Sebuah Pembuktian Atas Lagu "Jangan Takut Gelap""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel