Bohemian Rhapsody Sinopsis: Menyaksikan Perjalanan Queen dalam Sekali Duduk

Sumber gambar: Twitter (@20thCFoxID)

Pintu tempat Queen menunggu diketuk. Freddie Mercury membuka pintu dan keluar dengan menggunakan setelan jaket dan celana jeans. Freddie membuka jaketnya dan menyisakan singlet berwana putih sebagai atasan. Sebuah gelang berwarna hitam juga tampak menempel di lengan kanannya. Freddie berlari kecil menuju panggung. Di belakangnya, personel Queen yang lain mengikuti. Saat tiba di depan pintu panggung, ia sedikit melompat. Tirai pintu panggung dibuka. Freddie dan kawan-kawan masuk.  Dari sudut pandang mereka, tampaklah ribuan pasang mata sedang menanti aksi panggung dari Queen.

Itu adalah adegan awal dari film Bohemian Rhapsody, sebuah film biopik yang menceritakan perjalanan grup band legendaris asal London: Queen. Film berdurasi sekitar 2 jam 14 menit ini diperankan oleh Rami Malek sebagai Freddie Mercury (vokalis), Gwilym Lee sebagai Brian May (gitaris), Ben Hardy sebagai Roger Taylor (drummer), dan Joe Mazello sebagai John Deacon (bassis).

Adegan awal tadi adalah cerita mengenai konser Live Aid, yang disebut-sebut sebagai konser rock terbaik sepanjang masa. Queen terlibat di sana, dan penampilan Queen di konser tersebut juga disebut sebagai penampilan terbaik Queen selama perjalanan karir mereka.

Setelah adegan tersebut, cerita mundur ke belakang. Tentu saja, cerita setelah itu mengisahkan perjalanan band Queen mulai dari band yang hanya tampil di bar kecil hingga menjadi band besar dengan tur-tur dunianya.

Yang menarik dari film biografi seperti ini (dan juga segala bentuk biografi lainnya), tentu saja kita akan disuguhkan kisah tokohnya bahkan sampai menyentuh hal-hal detil kesehariannya. Dan Film Bohemian Rhapsody tentu saja juga mengisahkan hal yang sama. Kita mungkin  mengenal nama besar Queen dari lagu-lagunya yang mendunia itu. Akan tetapi, saya yakin tak banyak yang tahu bahwa Queen dulunya bernama Smile, band kecil yang  hanya tampil di sebuah bar (yang juga kecil) di London. Kisah tentang perubahan nama dari Smile ke Queen diceritakan di awal-awal film ini.

Judul film ini sendiri, diambil dari salah satu lagu Queen yang paling populer (yang juga berjudul sama), yakni Bohemian Rhapsody.  Lagu ini memang sangat populer. Di channel Youtube Queen Official, video clip lagu Bohemian Rhapsody bahkan telah ditonton sebanyak 1 milyar kali.

Dalam film ini juga diceritakan proses terciptanya  lagu tersebut. Lagu Bohemian Rhapsody adalah hasil eksperimen anak-anak Queen. Karena tidak mau menghadirkan musik dengan formula yang sama, maka mereka berusaha menciptakan sesuatu yang baru. Mereka ingin membuat musik rock and roll berskala opera. Maka lahirlah lagu Bohemian Rhapsody. Dalam film ini Freddie Mercury menyebut lagu tersebut sebagai mahakarya.

Bereksperimen dalam berbagai hal sebetulnya  mengandung banyak risiko. Bisa menjadi sampah atau bahkan dikenang sepanjang masa. Dan Queen berhasil membuktikan mereka ada di posisi yang disebut belakangan. Proses terciptanya lagu Bohemian Rhapsody dalam film ini, bisa dikata menggambarkan idealisme Queen sebagai sebuah band. Inilah mungkin alasan dipilihnya Bohemian Rhapsody sebagai judul film biografi dari Queen.

Selain cerita mengenai lagu Bohemian Rhapsody dan juga beberapa lagu hit lain dari Queen, film ini juga mengisahkan sisi lain dari personel Queen. Cerita yang paling dominan tentu saja dari sang vokalis, Freddie Mercury. Bisa dibilang tokoh utama dalam film ini adalah Freddie Mercury. Ia memang jenius tapi sekaligus penuh kontrovesi. Kita mungkin mengenalnya sebagai salah satu frontman terbaik di dunia, akan tetapi saya tak yakin kalau banyak yang tahu kalau ia adalah penyuka sesama jenis. Ya, Freddie Mecury adalah seorang gay. Dan serpihan-serpihan kisah orientasi seksual yang menyimpang dari Freddie Mercury juga ada di film ini.

Sebagai sebuah film, Bohemian Rhapsody bisa dibilang cukup menghibur. Film ini juga bisa menyuguhkan sesuatu yang  mungkin selama ini masih jarang diketahui tentang band Queen. Saya kira, film ini cukup berhasil memberikan gambaran perjalanan Queen dalam sekali duduk.

Belum ada Komentar untuk "Bohemian Rhapsody Sinopsis: Menyaksikan Perjalanan Queen dalam Sekali Duduk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel